Rabu, 20 Agustus 2014

7 Penyebab anda mudah menjadi pelupa

7 Penyebab anda mudah menjadi pelupa - Pelupa sebuah hal yang tentu saja tidak kita inginkan. Lupa mngkin saja hal yang wajar, karena kita manusia tempatnya salah dan lupa. Namun jika pelupa, mungkin bukan suatu hal yang wajar. Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab anda mudah lupa.

7 Penyebab anda mudah menjadi pelupa

7 Penyebab anda mudah menjadi pelupa
7 Penyebab anda mudah menjadi pelupa

Depresi
Saat depresi, Anda akan sulit konsentrasi dan mengingat. Sebab, Anda terlalu berkubang dengan perasaan negatif. Emosi seperti kemarahan, ketakutan, dan kecemasan juga bisa memicu lupa.

Bingung
Multitasking memang menantang, tapi kelamaan juga bisa membuat bingung dan stres. Karena pikiran dipenuhi hal yang harus dilakukan, sangat mungkin Anda kehilangan memori. Solusinya mudah: fokus.

Tidak jujur
Banyak yang tidak jujur soal apa yang dirasakan, entah karena malu atau takut. Karena aspek emosional diabaikan, perasaan dan pikiran akhirnya tidak terhubung. Itu berdampak serius pada memori.

Otak terdiri dari dua bagian: kiri untuk mengatur logika sementara kanan memfasilitasi fungsi artistik dan emosional. Gunakan kedua sisi agar lebih seimbang dalam berpikir. Itu juga baik untuk memori.

Obat-obatan
Narkotik dilarang karena tak baik untuk otak. Penyalahgunaan narkotika dapat menyebabkan penurunan memori karena memengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab atas fungsi kognitif.

Alkohol
Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan masalah mental, termasuk kerusakan memori retrospektif. Itu merupakan pemulih kenangan, yang mencegah Anda menjadi pelupa.

Kebiasan minum alkohol juga membuat suplai oksigen di otak berkurang. Seiring waktu, kondisi itu dapat menyebabkan efek negatif pada seluruh sistem saraf pusat.

Defisiensi tiamin
Tiamin merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk metabolisme makanan dan mengubahnya menjadi energi. Untuk dewasa, jumlah standar konsumsi tiamin maksimal 1,2 miligram per hari.

Jika jumlah itu kurang, Anda akan menderita sindrom Wernicke-Korsakoff. Itu merupakan jenis gangguan neurologis yang mengarah ke kehilangan memori jangka pendek dan jangka panjang.

Kurang tidur
Tidur menyegarkan tubuh dan pikiran. Saat tidur, tubuh melakukan perbaikan sel dan jaringan yang rusak. Selain itu, tidur juga waktu tepat menciptakan gelombang otak untuk menyimpan kenangan.

Gelombang otak mengirim kenangan ke korteks prefrontal, yakni bagian otak yang menyimpan kenangan jangka panjang. Bila Anda kurang tidur, kenangan tidak dapat bergerak menuju korteks prefrontal. Akibatnya, Anda mudah lupa dan kehilangan memori jangka pendek.

Setelah tahu 7 Penyebab anda mudah menjadi pelupa sekarang waktunya kita belajar untuk menghindari, setidaknya mengurangi efeknya. Anda punya telapak tangan yang kasar, jangan lupa baca cara menghaluskan telapak tangan dengan tips mudah ini.