Senin, 11 Agustus 2014

Tips menghaluskan dan melembutkan telapak tangan

Tips menghaluskan dan melembutkan telapak tangan - Setiap orang tentu ingin memiliki kulit telapak tangan yang lembab dan sehat, terutama kaum hawa. Jika kulit telapak tangan kering dan pecah-pecah, kepercayaan diri, terutama saat bersalaman dengan orang lain, bisa-bisa menurun.

Menurut dr Eddy Karta, SpKK, kulit tangan yang kering dan pecah-pecah selain bisa karena memang faktor bawaan, bisa juga karena kebiasaan yang salah dan dilakukan berulang.
Tips menghaluskan dan melembutkan telapak tangan
Tips menghaluskan dan melembutkan telapak tangan
"Faktor eksternal yang menyebabkan telapak tangan semakin kering misalnya mencuci tangan terlalu sering dan kontak dengan bahan kimia misalnya sabun cuci baju, cuci piring ataupun cairan antiseptik tanpa bilas," papar dokter yang praktik di EDMO Clinic Jakarta Selatan ini.

Selain itu, kebiasaan sering mandi dengan air yang suhunya terlalu hangat rupanya juga bisa memberikan pengaruh terhadap kelembaban kulit di area telapak tangan. Begitu juga dengan kebiasaan tangan banyak bergesekan, ini pun dapat membuat kulit semakin kering.

Lantas bagaimana cara mengatasi kulit telapak tangan yang kering dan pecah-pecah?

"Untuk mengurangi kering pada tangan, gunakan pelembab yang banyak mengandung minyak, misalnya petroleum jelly. Gunakan di seluruh telapak tangan, terutama pada malam hari," pesan dr Eddy, seperti ditulis pada Sabtu (2/8/2014).

Cobalah untuk mencuci tangan dengan sabun cair yang mengandung scrub pelembab. Ini agar sel kulit mati bisa terangkat namun tetap lembab. Lakukan cuci tangan sambil dipijat lembut untuk meningkatkan aliran darah ke telapak tangan.